Sunday, December 16, 2012

Sejenak Mengenal Tentang si Amatir

Hai.
Gw Hemmy. Lebih tepatnya, Hemmy Nur Hamidah. Tapi panggil aja hemi biar ga ribet, hemmy tuh ribet soalnya dia double M dan pake Y diakhir. Kalimat yang selalu gw sbutin tiap kali ada orang mau nulis nama gw, soalnya kalo gw bilang hemi doang bakal ditulis "Hemi" atau bahkan "Helmi" pernah lebih parah jadi "Hema" or "Emi". Bukan nggak suka, cuma nama "Hemmy" itu agak langka di Indonesia. Gw juga bersyukur punya nama begitu, bikinan emak gw. Sejarahnya sih, awalnya nama gw cuma Nur Hamidah. Cuma emak gw bilang panggilan gw ntar pasaran, "Nur". Makanya, emak gw mencetuskan nama "Hemmy" sebagai nama awal gw. Kata babeh gw sih, nama itu diambil gara-gara emak gw jadi keenakan manggil Hemi makanya dipilih nama itu. Cuma, agak diper-unik dengan tambahan huruf M dan Y. (Penting banget gw jelasin panjang lebar begini).

Lahir di sebuah kota yang kadang kalo gw lagi chatting sama orang, ditanya asal dimana, dan gw jawab Subang, mereka selalu nyangka itu Aceh, miss-interpretation dengan Sabang nampaknya. OTL. Yak, gw lahir di Subang. Sedikit sekali orang yang kenal sama nama Subang, soalnya yang terkenal bukan nama Subangnya, melainkan nama-nama kecamatannya. Kalo gw ditanya, "asli dari mana?", gw jawab, "Subang." Orang yang nanya bakal hening untuk beberapa saat kemudian bertanya lagi, "Subang?" Dan terpaksa gw deskripsikan, "Tau Ciater atau Pamanukan?" Si penanya bakal jawab, "Oh, iya tau." Gw jawab, "Nah, itu tuh Subang". Udah bisa gw tebak reaksi mereka setelah gw sebutin dua nama tempat itu. Mereka bakal pasang mulut kayak hiasan boneka gurita buat di mobil yang suka manggut-manggut. (Mulut berbentuk O penuh sambil ngangguk-ngangguk tanda paham). Dalam hati, gw selalu ngedumel, "Emang Subang kagak ada di peta ye? Bukan negeri antah berantah kok". *sigh*

Kalo udah begitu, gw selalu pasrah. Ya udahlah ya bo...mungkin belum waktunya aja kota gw bisa seterkenal itu. (Dalam beberapa waktu kota gw bener-bener jadi dikenal orang. Kisah selanjutnya, ntar gw cerita di segment lain)

Usia, sebagaimana sebagian orang yang tak suka ditanya usia, gw bakal ngejawab layaknya orang-orang itu ngejawab, "20 something" atau "Lahir tahun 1991 bulan Februari (*dalem ati* 'Lu itung aje sendiri, kalo sekarang taon 2012 bulan Desember, berarti usia gw berape?')". Padahal apa susahnya ya, tinggal bilang aja, toh mereka juga bakal tau akhirnya. Ups, privacy katanya sih. (Usia selalu menjadi hal sensitif bagi mereka yang sudah beranjak dari masa remaja). Padahal muka juga mencerminkan. #eh

Apa lagi ya?

Oh iya, sekarang sih status gw masih mahasiswa sebuah universitas pendidikan yang dulu lebih dikenal dengan sebutan IKIP Bandung. Sekarang udah jadi Universitas Pendidikan Indonesia. Biasanya suka diplesetin UPIL (Universitas Pendidikan Indonesia Ledeng). Kata Ledeng dibawa-bawa soalnya kampus gw emang deket sama terminal yang namanya Ledeng. Dan lagi-lagi, ada aja orang yang kagak tau nama UPI. Ah, bingung gw. Sebelumnya kota kelahiran gw, sekarang kampus gw. Ini tuh gw yang emang tinggal dan nimba ilmu di tempat yang terpelosok, apa orang-orang yang nanya sama gw yang rada kuper? Gak tau deh gw.

Oh iya, idealnya sih...Ini idealnya loh ya... Harusnya gw udah mau wisuda deket-deket ini. Cuman, masalah dengan administrasi nilai gw gara-gara kesalahan konyol seseorang. Ah, ntar deh ceritanya di segmen lain. (Oke, sejauh ini, gw punya utang buat cerita dua hal: (1) kenapa Subang akhirnya jadi terkenal and (2) rusuhnya administrasi nilai gw gara-gara kesalahan konyol seseorang). Ah, yang ideal ga harus sesuai banget terjadinya kan? (Serah deh..) Emang kadang menyakitkan sih tiap kali gw ngeliat temen-temen gw udah gawe disini, udah gawe disana. Udah bisa beli ini, beli itu pake duit sendiri. Iri sih nggak, cuma jealous aja. (apa bedanya ya?) Tapi ya...seneng juga sih..ngeliat mereka udah pada sukses. Semoga ke-jealous-an gw bisa ngebawa gw ke gerbang kesuksesan. Amieenn... (Please, malaikat, amin-in doa gw).

Eh, tapi gw ga pengangguran amat sih. Gw punya gawean, freelance sih tepatnya. Gw seorang translator yang lumayan laku di kalangan anak S2. Awalnya dari iseng-iseng proyekan bareng temen-temen gw. Ujungnya, jadi sumber penghasilan lain buat gw. Promosi gw sih sederhana aja, dari mulut ke mulut. Gw pasang tarip fleksibel meskipun kerjaan gw berat banget. Tiap kali ada objekan, gw ga mungkin ga begadang. Sistemnya kejar deadline sih. Tapi, lumayan lah. Sempet juga ngajar setaun dengan honor lumayan. Cuma, gw rasa duit gw abis di ongkos doang. Guru private yang ga bawa kendaraan, pasti harus ngangkot. Dan murid gw bener-bener kagak nyantai jarak tempuh rumahnya. Intinya, semuanya abis dijalan. Makanya gw berhenti dulu deh. 

Edan, ternyata gw emang tukang ngoceh ya... Introduction aja bisa sepanjang ini. Gw cut sampe disini dulu deh. Kalo diterusin, takutnya gw nggak bisa berhenti yng berujung ke perkenalan yang berbau-bau narsis. Maklum gw orang yang super duper narsis abis. Soalnya gw pede dengan diri gw sendiri dan gw bersyukur sama diri gw sendiri. Hobi gw aja foto-foto selca (self-camera) terus gw edit baru deh gw share di instagram. Salah satu indikasi kaum narsis. LOL.

Oke deh, fellas. Segini dulu introductory gw. I'll see you soon in another segment of Ocehan Si Amatir.


X.O.X.O Chirpy Girl

No comments:

Post a Comment