Tuesday, December 10, 2013

99 Cahaya di Langit Eropa the Movie [Part 1]

Malem minggu kemarin, tanggal 7 Desember 2013, gw ditraktir nonton sama Kakak gw yang baik hati dan tidak sombong. Rombongan gitu, sama Kaka ipar gw and anak-anaknya. Nah, kita nonton 99 Cahaya di Langit Eropa because ni film lagi happening banget and gw emang udah nungguin film ini. Kata suami gw novelnya rame, gw belum sempet baca, jadi kalo ada kesempatan buat nonton dulu, yea, what's the harm. So, kita rombongan ni nonton deh di BIP (Bandung Indah Plaza).

Tiket nonton gratisan :D

Nonton satnite, di mall yang emang dasarnya tempat nongkrong anak-anak ABG, so pasti crowded banget. Berhubung film 99 Cahaya ini juga baru released pas tanggal 5 Desember di semua bioskop di Indonesia, so, tanggal 7 pas gw nonton, masih sangat penuh and rame. Pas gw liat sekeliling, yang nonton kebanyakan yang pacaran (hahah, sirik aja gw), tapi kayaknya yang sekeluarga or suami istri juga banyak deh. Anak-anak ABG juga banyak kok. Kesimpulan gw, film ini cukup terkenal juga.

Film ini keluaran Maxima Pictures and pasti udah pada tahu lah ya, kalo film ini tuh diadaptasi dari sebuah novel karya Hanum Rais which is based on the writer's journey gitu. Nah, film ini tuh ngadaptasi novelnya 120%, why? because ada beberapa scene yang memang tidak ditampilkan di novelnya gitu. Gw sebagai orang yang belum baca novelnya, nggak 'ngeh' lah pastinya. Cuma, gw baca di artikel Republika Online, katanya sih begitu. :D Btw, Presiden kita, SBY, suka loh sama film ini (penting banget).

Ini foto-foto casts nya.
(www.iskaruji.com)

Okay, let's discuss the casts of this film.

First, Raline Shah sebagai Fatma. Jadi Raline ini meranin tokoh yang namanya Fatma, Fatma ini ceritanya masih berdarah Turki gitu. Gw suka banget Raline meranin Fatma. Cantik, anggun, karakternya pas banget lah. Dia bisa banget meranin Fatma si agent muslim yang baik. :)

Nah, Fatma ini punya anak namanya Ayse yang diperanin sama anak kecil lucu namanya Gechae (belum pernah denger sekalipun). Kata gw ni bocah agak mirip sama anak yang main di "Children of Heaven" (itu juga kalau kalian udah pernah nonton film ini). Anak ini lucu banget lah, dan cocok jadi Ayse.

Terus, ada Acha Septriasa. Dari dulu sering banget lah muji Acha kalo udah main di movie-movie gitu. Total banget actingnya. Acha meranin tokoh Hanum, si penulis novel. Ceritanya tuh Hanum ini melakukan perjalanan di berbagai negara di Eropa. Negara-negara yang sebenernya menyimpan rahasia besar mengenai sejarah Islam. Awalnya Hanum nemenin suaminya yang lagi kuliah di sebuah universitas di Vienna (gw lupa apa nama universitasnya). Karena suaminya itu kuliah, Hanum jadi ngerasa bosen banget diem aja di apartemen mereka. Dari kebosanan inilah, dia memutuskan buat jalan-jalan. Motret sana-sini. Sampe suatu hari dia ketemu sama Fatma (Raline) yang waktu itu lagi ngelamar kerjaan di sebuah toko. Tapi dia ditolak sama pemilik tokonya, gara-gara Fatma ini pake hijab. Hanum tertarik ngelihat Fatma, sampe akhirnya mereka jadi akrab gara-gara mereka berdua ngambil kursus bahasa Jerman bareng gitu. Nah, dari perkenalan dia sama Fatma, Hanum mulai berpetualang and tertarik buat tahu lebih banyak tentang tempat-tempat di Eropa yang punya sejarah Islam. 

Terus, ada Abimana yang meranin tokoh Rangga, suaminya Hanum. Suka sih, sama di Abimana ini. Lucu aja kalo liat dia akting jadi Rangga. Kalemnya dapet, ikhwan rohimakumullah banget (haha), muka-muka cool nerdy nya juga cucok. :D Rangga ini ceritanya mahasiswa yang rajin, dia dipuji banget sama dosennya, gara-gara dia tuh pinter banget. Nah, Rangga ini sering banget kesulitan buat beribadah di dalem kampus (bukan Rangga aja sih, temennya juga yang Islam ngalamin hal yang sama). Dia harus bisa toleransi dengan pihak kampus sebagai orang yang memang masuk minoritas di Kampus. Hidup di Eropa saat itu, bagi orang Islam, harus bisa saling bertoleransi dan kuat iman. Soalnya cobaan beribadahnya ada aja. Kalo nggak uat, mungkin udah give up, dan entah bakalan jadi apa keimanan yang selama ini dipertahankan itu. Rangga berusaha yang terbaik buat keep the balance, between dia sama Allah dan dia sama pihak kampus. 

Pemain lain, ada Alex Abbad yang meranin tokoh Khan, temen senasibnya Rangga. Bedanya, Rangga orangnya nggak terlalu keras kayak Khan. Khan orangnya lebih keras (mungkin tipikal-tipikal orang Islam yang bakalan ngelakuin kekerasan kalo ada yang ngelecehin agama Islam). Tapi pada dasarnya dia baik, dia cuma pengen memperjuangkan agama Islam supaya nggak dilecehkan.

Ada Nino Fernandez juga. Dia berperan sebagai Stefan. Nah, yang ngebikin film ini tuh ada sense humor nya ya si Stefan ini. Dia tuh konyol banget. Diceritainnya, dia tuh sering banget nanya-nanya masalah Islam sama Rangga. Kadang ngeyel, kadang juga serius, tapi seringnya sih konyol.

Ada Marisa Nasution, dia berperan sebagai Maarja. Dia nih diceritainnya suka sama Rangga. Soalnya Rangga juga suka baik sama dia, meskipun Rangga nggak nyadar sih kalo si Maarja ini suka sama dia. Maarja juga suka flirting gitu sama Rangga, dia juga suka ngebantuin Rangga masalah kampus. Ya, gitu-gitulah. Cocok lah Marisa meranin tokoh ini, soalnya kesan cewek "penggoda"-nya tuh dapet banget. Secara doi sekseh begitu. :D

Oh iya, Dewi Sandra juga main. Dia berperan sebagai Marion, cewek yang tinggal di Perancis, temennya Fatma. Marion ini, bisa berhijab dan masuk Islam, gara-gara Fatma awalnya. Dia temen baiknya Fatma yang akhirnya memutuskan untuk berhijab dan mendalami Islam. Dari Marion-lah, Hanum bisa tahu sejarah Islam dan pengaruh Islam di Perancis. Dia yang ngajak Hanum jalan-jalan di Paris, pas Rangga ada presentasi disana. Marion yang ngejelasin segala keunikan yang ada di Paris, yang ternyata ada pengaruh Islamnya. Cocok lah ya, soalnya Dewi Sandra kan emang baru-baru ini memutuskan buat mantep berhijab terus aktif di kegiatan-kegiatan Hijabers gitu. Jadi pendalamannya juga cocok.

Terus, ada Dian Pelangi sama Hanum Rais. Special appearance gitu. Disini mereka berperan sebagai dua cewek Turki, temennya Fatma. Mereka ikut gabung di semacam perkumpulan orang Islam gitu. Mereka belajar dari Fatma gimana caranya jadi Agen Muslim yang baik. Nah, mereka berdua, termasuk Fatma, minta buat ngajarin mereka Bahasa Inggris gitu, buat nantinya bisa komunikasi sama anak asuh mereka. Anak asuh ini tuh anak-anak yang termasuk di keluarga mualaf gitu. Kemunculan dua orang ini ditunggu-tunggu baget ama gw. Pertama, gw suka banget sama Dian Pelangi dan kedua, gw belum tau gimana muka Hanum. (hahah) Dian Pelangi berhasil lah meranin small role kayak gitu. Man, apa sih yang dia nggak bisa. :D 

Sebenernya, di heboh-heboh-in ada Fathin. Gw pikir dia bakalan berperan sebagai siapa gitu. Minimal ada hubungannya sama Dian Pelangi or Hanum. Ternyata, dia cuma lagi syuting video clip gitu, terus kebetulan ketemu sama Acha (Hanum). Ini nggak ada di novel lah ya. Mungkin gara-gara doi ngisi soundtrack filmnya, makanya maksa dimasukin. Nggak tahu deh, perasaan gw kemunculan dia tuh kayak terlalu dipaksain. (doh..)

Nah, itu dia casts dari 99 Cahaya di Langit Eropa.

Dari segi cerita, gw suka banget. Bikin terharu dan pastinya ngebikin gw bersyukur banget sama Allah karena gw udah dilahirkan di Indonesia yang mayoritas Islam dan umatnya saling bertoleransi tinggi. Film ini juga ngebuka pikiran dan alam bawah sadar gw, kalo ternyata Islam itu indah banget. Islam itu cinta akan perdamaian, kalau kita sebagai umat Islamnya mau menjaga perdamaian itu. Gw setuju sama Fatma, bahwa jadi agen muslim yang baik itu, bukan berarti kekerasan or saling memaki. Menjadi agen muslim yang baik itu, harus mau saling bertoleransi, dan mencari cara halus lain buat ngadepin orang-orang yang menghina Islam. Kayak kejadian pas di kafe gitu. Ceritanya, Fatma, Ayse and Hanum lagi ngopi and makan croissant di sebuah kafe. Hanum nggak sengaja ngedenger percakapan dua bule yang lagi ngehina Islam gitu. Bule itu bilang, kalo croissant itu makanan yang sengaja dibuat sebagai simbol kekalahan bangsa Turki yang mau masuk di Eropa barat (kalo nggak salah). Croissant itu ibarat orang Islam, makanya kalo croissant itu dia makan, sama artinya dia makan orang Islam. Hanum marah, dan dia ngerasa agamanya dihina sama dua bule itu. Hanum pengen ngasih pelajaran sama si dua bule itu, tapi Fatma bilang jangan. Dia punya cara lain.

Selese makan, Hanum ngerasa sebel sama Fatma. Dia ngerasa aneh, kenapa Fatma malah diem aja pas tahu Islam dihina, Kara Mustafa dihina. Fatma malah ngebayarin bill kedua bule itu, terus ninggalin note plus alamat email gitu. Hanum pengennya Fatma marah, dia aja pengen banget ngehajar tu bule. Tapi, Fatma saambil senyum malah bilang, kita nggak bisa melawan mereka dengan kekerasan. Mereka bakalan dianggap teroris sama mereka. Islam itu cinta damai, kalau cara halus masih bisa, mengapa tidak. Hanum jadi sadar gara-gara omongan Fatma, bahwa dia nggak bisa ngadepin hal kayak gitu dengan kekerasan. Dan, ternyata beberapa hari setelah kejadian itu, dua bule itu ngirim email ke Fatma yang isinya dia minta maaf dan bilang makasih sama Fatma.

Nah, dari kejadian itu, gw jadi makin sadar. Islam itu cinta perdamaian. Tapi jangan sampe itu cuma jadi slogan aja. Kita sebagai umat Islamnya, malah sering ngelakuin kekerasan, jadi nunjukin Islam yang radikal. Mungkin iya, jihad atas nama Islam. Tapi, kekerasa itu bener-bener jalan terakhir. Rasulullah SAW juga sering mengajarkan hal itu. Beliau tidak akan berperang jika bukan orang kafir duluan yang memulai. Jaman sekarang, kalo kita pake kekerasan, ujung-ujungnya jadi cuma nunjukin kalo kita itu beneran teroris (lain kasusnya kalo yang di Palestina). Eh iya, tapi ada sedikit yang mengganjal di scene makan croissant ini. Kan ini film yang maksudnya untuk menunjukkan Islam gitu, kenapa nilai Islamnya nggak sekalian diperhatiin. Misalnya, pas makan croissant ini. Kenapa pemainnya makan pake tangan kiri, emang secara table manner kalo megang garpu di kiri, pisau di kanan, but to show the Islamic value, why don't you change it. Hal kecil sih, tapi kalo buat yang merhatiin mungkin jadi agak-agak gimana gitu. Hehe.. Well, that's only one observant's opinion. Moving on...

Ada yang ngebikin gw makin tercengang, sampe terus ngucapin Subhanallah and Masya Allah, dan terus nyebut betapa Allah itu Maha Besar, betapa Islam itu adalah agama yang besar. Perjalanan Hanum dan Marion-lah yang nyebabin semuanya. Disini, gw ngeliat, gimana patung Napoleon menghadap garis lurus yang bener-bener lurus ke arah Ka'Bah. Gimana hal ini bisa terjadi di negara yang dulu bener-bener memandang rendah sama orang Islam. Terus, ada tulisan Lailaahaillallah, di patung Bunda Maria, dan banyak lagi. Gw terharu ngeliat kenyataan ini. Ternyata, pengaruh Islam itu sangat besar di Eropa. Hal ini semakin ngebikin gw bangga jadi seorang muslim.

Banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil dari film ini. Banyak banget. Film ini bener-bener ngebuka mata kita buat lebih bisa melihat bahwa Islam itu agama yang besar. Bahkan Eropa pun menyimpan banyak misteri tentang Islam. Bahwa beruntunglah kita yang terlahir sebagai umat Islam.

Terus, sebagai umat Islam, sebisa mungkin mencoba buat menyebarkan kebaikan dan kesantunan. Jangan ada lagi perilaku yang berbau kekerasan, kata-kata yang kasar yang ngata-ngatain agama lain ini lah, itu lah. Hidup itu saling berdampingan dan bertoleransi, terkadang, kelembutan bisa membawa sesuatu yang besar dan baik. Tinggal bagaimana kita menyikapi kekerasan itu, jika kelembutan masih memungkinkan, maka hindarilah berbuat kasar. :)

Oh iya, ini filmnya baru part 1. Masih ada part 2 yang nyeritain perjalanan Hanum ke Cordoba and Turki. Gw nunggu banget kelanjutannya. 

Btw, belum nyeritain yang ternyata Ayse kena kanker kan ya? Well, di akhir-akhir, diceritain kalo ternyata Ayse itu kena kanker. Pas Hanum pulang dari Perancis, dia nggak bisa nemuin Fatma, padahal dia masu ngasihin titipan Marion ke mereka berdua. Entah Fatma sekeluarga pergi kemana. Hanum tahu kalo Ayse kanker dari surat Marion yang Hanum buka. Marion cerita kalo Ayse lah yang ngajarin dia buat pake kerudung. Sedih ya, tiap kali ngedenger kalo ada anak kecil yang kena kanker. Apa gitu salah mereka sampe harus nanggung beban kayak gitu. Mungkin saking sayangnya Allah sama anak-anak itu, Allah nggak mau mereka hidup lama di dunia yang takutnya nanti malah terjerumus yang nggak-nggak, makanya dikasi penyakit kayak gitu supaya cepet bisa ke surga. (Maaf, hanya berspekulasi saja) Setahu gw, anak-anak itu belum punya dosa. 

That's all my review. Nggak sabar buat nonton yang Part 2 nya. Soalnya di kilasannya sih, menarik banget. Hanum ketemu lagi sama Fatma, terus si Stefan ketabrak mobil gitu. Ah, pokoknya pengen cepet-cepet nonton lagi part 2, baru deh nanti baca novelnya, :D

Penampakan novel 99 Cahaya di Langit Eropa.
(news.liputan6.com)

Thanks for visiting,
Au Revoir
X.O.X.O Chirpy Girl

P.S. Setting film ini bikin kalian bakalan mupeng jadi pengen jalan-jalan ke Eropa. ASLI.

No comments:

Post a Comment