Sunday, December 1, 2013

Review After D-100 by Park Mi Youn

Ada yang suka sama novel terjemahan dari Korea? Nah, kali ini gw mau ngebahas salah satu novel terjemahan dari Korea. Judul novel yang kali ini gw baca itu, AFTER D-100. Let's review the "outside" first yes.


Judul : After D-100
Penulis : Park Mi Youn
Penerbit : Penerbit Haru
Jumlah Halaman : 382 hlm

Sedikit gw quote dari back cover novel ini, 
WANITA : Aku mencintai lelaki itu dan menikahinya. Akan tetapi, setelah hari itu, aku memutuskan untuk bercerai dengannya.
PRIA : sampai sebelum hari itu, aku tidak mencintai istriku. Akan tetapi, setelah hari itu, aku mulai mencintai istriku.
Nah, dari situ, kalian bisa nebak nggak sih bakal kayak apa ni isi novelnya? Yap, dua orang yang udah nikah, tapi pernikahan merubah perasaan keduanya. Setelah hari ke-100 ada yang berubah dari mereka berdua ini, perasaan merekalah yang mulai berubah.

However, gw agak bingung dengan D-100 nya judul novel ini. Awalnya gw pikir ni novel bakal ngebahas masa pernikahan mereka dari awal mereka nikah. Terus di hari ke-100 mulai ada perubahan perasaan gitu. Eh, ternyata nggak tuh. Mereka masih melalui Wedding Anniversary mereka yang pertama dan kedua. Nah, palingan yang setelah anniversary kedua mereka, si cewek mulai bertekad buat cerai sama suaminya. Jadi lebih cenderung, 100 hari setelah anniversary kedua mereka.

Jadi, udah diceritain langsung setelah 2 tahun pernikahan gitu deh. Tapi emang back and forth gitu. Ada masa lalu yang diceritain gitulah. Terus diceritain dari dua sisi tokoh utama, sisi Kang Gyung Hee sang istri and Lee Jung Chul, sang suami. Gw suka kalo novel udah diceritain dari dua sisi, sisi cewe and cowo, soalnya kadang view dari cewek kan suka beda sama view dari cowo. Setting novel ini, jelas di Korea ya. Diceritainnya sih di Seoul, dan rumah mereka berdua ini di daerah Bundang. Setau gw sih, Bundang itu salah satu kawasan Elite gitu. Daerahnya di district Seongnam, masih masuk Seoul juga. Semacam Cheongdam-dong gitu lah. Bisa ceki-ceki di Om google kalo kalian mau tau lebih banyak. 

Well, untuk isi dan jalan cerita, gw pikir sih ni novel mirip banget sama drama Korea gitu. Konflik and masalahnya bener-bener nyiksa si pemeran utama. Gw sempet sebel sendiri baca ni novel. Kalo gw nonton DraKor, kalo konflik nya udah mulai nyebelin, gw masih bisa skip tu film, kalo novel yang gw skip, ga asik banget kan. Makanya, terpaksa gw baca, meskipun dongkol banget sama si tokoh-tokohnya.

Dongkolnya tuh, si cewek terlalu sadis, terus si cowok nya terlalu menyedihkan dan penuh kebohongan. 
Tokoh cewek, si Kang Gyung Hee, di awal emang dia tuh cinta mati sama suaminya. Diceritain dia masih muda gitu deh. Dia memutuskan buat jadi ibu rumah tangga, soalnya dia selalu ngerasa kalo dia tuh agak oon pas kuliahnya. Pengennya dia terjun ke dunia bisnis, tapi bokapnya yang memperlakukan si Gyung Hee ini kayak princess, ngga pernah ngijinin anaknya buat dagang. Well, maklum, si Gyung Hee tuh bungsu dan cewek satu-satunya. Memutuskan menikah karena dia terpesona sama Lee Jung Chul, temen deket oppa nya dia, di usia yang masih relatif muda. Intinya dia itu ibu rumah tangga yang keliatannya masih polos banget lah. (Kayak gw gitu, nikah muda, jadi masih unyu-unyu polos-polos pengen nabok -___-"). Paling parah dalam hal masak, ngga bisa masak dia. Suaminya juga bilang kalo masakan dia ngga enak. Alasan dia ngga bisa masak, soalnya ibunya juga ngga pernah ngajarin masak, intinya dimanjain banget lah ni cewek. Jadi kayaknya mau kawin juga udah syukur. :D Nah, kalo si tokoh cowok, Lee Jung Chul, itu tipikal cowok-cowok boy band (kalo di bayangan gw sih). Soalnya diceritain kalo Jung Chul ini ganteng, ototnya bikin cewek kelepek-kelepek, kaya, keren and pinter. Tipikal cowok keren di DraKor banget deh. Dia punya perusahaan sendiri, jadi dia tuh direktur yang masih dibilang muda. Pantes aja kan di Gyung Hee mau kawin sama ni cowok. No question ask, langsung oke. (Gw juga kayaknya bakal narrow minded kayak si Gyung Hee juga deh kalo dihadepin sama cowok dengan karakter kayak si Jung Chul ini. :D Oops, sorry yeobo) 

Gw bilang di awal kalo tokoh cewek nya sadis, gara-gara sikap dia pas nerima kenyataan pahit dari suaminya. Kenyataan yang bener-bener pengen ditutupin sama si Jung Chul. Bahkan si Jung Chul aja masih depresi gara-gara kenyataan itu, tapi si cewek ini emang udah terlanjur sakit hati, dan dia tahu hal ini bukan dari mulut suaminya sendiri. Suaminya ini emang orangnya misterius gitu lah. Okay, gw ceritain dikit aja deh ya, cerita dari kedua point of view, Gyung Hee and Jung Chul.

Gyung Hee side of story

Gyung Hee bahagia banget pas tahu kalo Jung Chul, teman dekat oppa nya, bersedia menikahinya. Padahal, Gyung hee sebenernya nggak terlalu berharap banyak dari pertemuan mereka sebelumnya. Soalnya, Jung Chul nggak ngasih kabar setelah pertemuan mereka. Tapi, tiba-tiba ada news kalo keluarga Jung Chul mau main kerumah dan ngomongin masalah pernikahan mereka. Otomatis Gyung Hee bahagia bukan kepalang dengan keputusan menikah itu, meskipun dia agak kurang sreg dengan tuntutan pihak pria masalah semacam mas kawin gitu (di Korea disebutnya Honsu, pihak wanita harus nyiapin segala perabotan isi rumah, pihak cowok nyediain rumahnya), menurut dia tuntutan keluarga cowok itu berlebihan. Tapi, namanya juga kayak dream comes true, Gyung Hee terima aja, toh yang provide semuanya kan orang tua dia. Maka, menikahlah mereka. Pertama-pertama pernikahan, Gyung Hee bahagia, dia cinta dan sayang banget sama suaminya. Jalan-jalan berdua, tidur bareng, hidup berdua dengan suaminya, semuanya terasa indah. Tapi ada yang kurang di kehidupan rumah tangga dia. Mereka belum juga punya anak. Mertua Gyung Hee, terutama ibu nya Jung Chul sering mendesak Gyung Hee dan nyakitin dia gitu lah, mertua Gyung Hee ini galak, sering banget nanya kapan bisa ngasih cucu dan sebagainya. Sampai akhirnya Gyung Hee and Jung Chul nyoba buat periksa. Dia diperiksa dan ternyata ada kelainan gitu di ovarium dia. Gyung Hee shock dan dia nggak mau berhenti usaha. Akhirnya, sepupu Jung Chul ngasih solusi dan Gyung Hee harus menjalani pengobatan yang menyakitkan untuk waktu yang lama. Sampai akhirnya nggak berhasil juga dan Gyung Hee udah positif steril, dia mandul. Kemandulan dia ini ngebuat Gyung Hee shock berat. Jung Chul bilang sama Gyung Hee buat nyerah aja masalah anak. Gyung Hee pun setuju untuk menyerah masalah anak.

Dan setelah kejadian ini, Gyung Hee mulai ngerasa kalo ada yang salah dengan suaminya. Dia ngerasa kalo suaminya itu nggak mau perhatian sama dia. Tiap dia bilang kalo dia cinta sama suaminya, suaminya nggak pernah ngebales. Makin hari, Gyung Hee ngerasa kalo dia mulai membenci suaminya. Puncaknya, pas dia masuk ke ruang baca suaminya yang dia tahu kalo suaminya selalu ngelarang dia masuk kesitu terus "ngacak-ngacak" isi ruang itu. Cuman, hari itu Gyung Hee bener-bener penasaran dan pengen tahu lebih banyak tentang suaminya yang misterius itu, toh dia juga yang suka beresin ruangan itu. Dia nemuin laci yang dikunci. Iseng-iseng Gyung Hee nyoba buka laci itu pake kawat jepitnya dia dan berhasil kebuka. Isinya nggak semua penting, tapi ada buku catatan harian yang menarik perhatian Gyung Hee, ternyata disitu ada foto-foto dan dokumen yang ngebikin Gyung Hee bener-bener marah dan sakit hati. Dia nggak percaya sama apa yang dia liat.

Setelah itu, kebencian Gyung Hee ditambah dengan percakapan Jung Chul dan oppa nya yang dia kuping pas dia dateng ke kantor suaminya buat ngerayain anniversary kedua mereka. Kata-kata Jung Chul yang ngebikin Gyung Hee makin membulatkan tekad buat cerai dari suaminya itu. Jung Chul bilang kalo dia menikah dengannya hanya karena Ayah Gyung Hee berinvestasi besar untuk perusahaannya, dan dia membutuhkan investasi ayah Gyung Hee itu. Serasa dikhianatin suaminya, Gyung Hee memutuskan bahwa dia nggak mau lagi jadi Gyung Hee yang nurut selalu apa kata suami, dan lembek. Dia pengen nunjukin kekuatan dia. Tambah lagi, kehadiran cewek yang Gyung Hee pernah liat fotonya di laci suaminya di ruang baca. Cewek itu namanya Mina, mantan pacar suaminya pas kuliah. Mina ini nampaknya pengen ngerebut suaminya, si Mina juga suka manas-manasin Gyung Hee gitulah, bahas-bahas masa lalu dia sama si Jung Chul.

Begitulah, masalahnya tuh ada aja, nggak berenti-berenti. Puncak-puncaknya banget sih, pas Gyung Hee dapet pengakuan dari suaminya kalo dia itu mandul. Sebelumnya Gyung Hee juga pernah tau dari dokumen yang dia liat di laci si ruang baca waktu itu, udah gitu Mina juga pernah bahas masalah ini, cuma pas itu Gyung Hee sebel sama Mina yang ngomongin suaminya yang ngga-ngga, jadi dia ngga mau percaya. Sampe akhirnya dia dapet pengakuan dari suaminya. Ditambah lagi, di nemuin kenyataan kalo sebenernya, pas dia diperiksa itu dia nggak 100% steril, masih ada peluang, cuma gara-gara percobaan plus pengobatan yang dilakuin sama sepupunya Jung Chul, peluang itu jadi hilang. Hal ini lah yang ngebuat Gyung Hee benci sama semua keluarga Lee, termasuk suaminya itu. Ayahnya Gyung Hee yang tau masalah ini juga ngga tinggal diam, dia langsung tarik uang investasi dia di perusahaan Jung Chul, yang nyebabin Jung Chul bangkrut. Gyung Hee juga tetep yakin buat cerai meskipun suaminya memohon supaya Gyung Hee nggak ninggalin dia. Untungnya, Gyung Hee waktu itu udah pernah minta dibeliin toko buat dia jualan tas, jadi kalopun cerai dia bakalan punya kerjaan dan penghasilan.

Intinya, situasi jadi kacau lah. Kedua keluarga juga jadi saling bentrok, gontok-gontokan (beradu gitu masudnya). Situasi udah kacau gitu, Jung Chul juga makin kacau. Dia jadi sering minum-minum dan dia terus memohon supaya Gyung Hee ngebatalin niatnya, dan dia berjanji buat berubah. Tapi keputusan Gyung Hee udah bulat, suaminya itu udah bohong, dan kebohongan itu bukan kebohongan yang bisa diselesaikan dengan kata maaf aja. Padahal Gyung Hee juga tahu, kalo suaminya itu menderita, dia tahu kalo dia mandul tuh pas awal-awal kuliah, dan ini sampe ngebawa Jung Chul harus berobat ke dokter jiwa karena dia kena penyakit jiwa gitu, paranoia ato apalah (lupa gw). Jung Chul hancur banget lah, abis-abisan dan Gyung Hee puas dengan hal itu. Rumah yang mereka tempatin juga udah dijual sama Gyung Hee. Habislah udah harapan Jung Chul buat baikan. Akhirnya Jung Chul nyerah dan dia setuju buat cerai. Jung Chul juga cerita kalo dia mau pergi dari Seoul untuk sementara, dia mau berobat ke dokter jiwa yang dulu pernah nanganin dia. Akhirnya, mereka resmi cerai.

Gyung Hee pikir dengan cerai semuanya selesai. Ternyata perasaan dia masih buat suaminya. Dia masih sayang dan cinta sama suaminya.

Jung Chul side of story

Jung Chul selalu nganggep kalo Gyung Hee itu anak yang ceria dan manis. Sebelumnya dia nggak ada keinginan buat nikah, karena dia tau kalo dia mandul. Tapi, keceriaan Gyung Hee jadi ngebikin dia berandai-andai, gimana kalo misalnya dia punya anak perempuan yang mirip Gyung Hee pasti lucu banget. Setelah pertemuan dia dengan Gyung Hee, dia nggak ngehubungin Gyung Hee. Sampe akhirnya orangtuanya nelpon Jung Chul masalah pernikahan mereka. Jung Chul awalnya sangat marah, namun, ketika dia pergi menemui Gyung Hee, Gyung Hee datang dengan langkah yang berat, saat itupun dia tahu kalau kedua orangtuanya telah menyulitkan Gyung Hee. Jung Chul melihat Gyung Hee meneteskan air, Jung Chul merasa kasian dengannya dan dia mengulurkan tangannya untuk menyeka air mata Gyung Hee. Dia terkejut saat menyentuh wajah Gyung Hee, wajah Gyung Hee halus sekali seperti seorang bayi. Mata Gyung Hee yang menangis dan menatapnya itu menyebabkan getara-getaran aneh. Saat itupun, Jung Chul sepertinya merasa kalau wanita itu bisa membahagiakan dia. Dia akan bisa hidup dengannya. 

Tanpa terasa, persiapan pernikahan sudah mau selesai. Beberapa kali Jung Chul mencoba untuk mengutarakan keadaannya yang mandul itu, tapi mata Gyung Hee yang bersinar, ceria dan bahagia, dia tidak jadi mengatakannya. Jung Chul terlanjur ingin memiliki Gyung Hee. Akhirnya, Jung Chul pun menikah dan memutuskan untuk merahasiakan kemandulannya. Malam pertama dia dengan Gyung Hee menyenangkan. Jung Chul tidak menyesal menikahi Gyung Hee yang ceria, imut dan terlihat bahagia itu. Dia bersyukur bahwa pada Gyung Hee lah dia menyerahkan keperjakaannya. 

Dia ingat ketika dia hampir tidur dengan Mina, mantan kekasihnya itu. Saat dia menerima berita bahwa dia mandul, dia tengah berpacaran dengan Mina. Wanita cantik yang pastinya membuat iri teman-temannya karena dia berpacaran dengan wanita ini. Namun, setiap kali dia berhasrat untuk "melakukannya" dengan Mina, dia teringat kenyataan bahwa dia bukan pria sempurna, dan hal ini membuatnya mundur. Dia selalu mengatakan pada Mina, bahwa dia masih ingin menjaga Mina. Padahal hasrat dia sudah tinggi, namun ingatan dia adalah pria mandul itu tidak membantunya sama sekali. Jung Chul depresi. Mina yang merasa diabaikan, akhirnya menjauh, anehnya Jung Chul tidak merasa tersakiti, dia tahu kalau dia tidak bisa bersama Mina. Perasaannya untuk Mina pun semakin luntur. Sampai suatu hari, Jung Chul mengatakan bahwa dia mandul pada Mina. Mina pun mengakui bahwa dia sudah tidur dengan pria lain, dan dia juga mau pergi ke Amerika untuk sekolah disana. Perpisahan ini tidak membuat Jung Chul tersiksa. Jung Chul merasa bahwa Mina adalah masa lalunya, dan dia tidak akan kembali dengannya.

Pernikahannya dengan Gyung Hee membuat dia bahagia. Dia senang melihat istrinya yang imut, ceria dan terlihat bahagia itu. Dia ingin terus seperti itu. Sampai istrinya itu menginginkan seorang anak. Jung Chul pun menemui sepupunya, dan sepupunya bilang ada harapan. Mendengar itu, Jung Chul menyetujui segala rangkaian pengobatan. Sampai penarikan sperma Jung Chul dengan suntikan pun dia mau melakukannya. Namun, tetap tak ada hasil. Dia pun tidak tahan melihat istrinya terus kesakitan dengan semua pengobatan itu. Sampai akhirnya istrinya pun dinyatakan 100% steril. Saat itulah yang membuat istrinya terpukul. Jung Chul sempat berpikir bahwa inilah saatnya dia juga memberitahu mengenai kemandulannya. Namun, pikiran bahwa istrinya akan meninggalkannya setelah dia mengatakan masalah kemandulannya itu menghantui dia. Jung Chul pun memutuskan untuk mengurungkan niatnya. 

Jung Chul selalu sedih melihat istrinya murung terus. Dia tidak bisa berbuat apa-apa. Dia tahu bahwa suatu saat pasti istrinya itu akan meninggalkannya. Akhirnya dia memutuskan untuk tidak terlalu menenggelamkan dirinya terlalu dalam. Dia menyiapkan diri seandainya istrinya itu harus meninggalkannya. Dia tahu pasti bahwa dia memang egois. 

Sampai akhirnya anniversary kedua mereka. Setelah ulang tahun pernikahan mereka inilah, Jung Chul merasa bahwa istrinya berubah drastis. Dia tahu bahwa istrinya sudah mendengar pembicaraan dia dengan oppa nya Gyung Hee di kantor dulu. Jung Chul tidak ingin kehilangan istrinya. Dia bingung bagaimana harus bersikap. Awalnya, dia hanya ingin menarik diri agar tidak terlalu sayang dengan istrinya. Dia terlalu egois sehingga dia hanya memikirkan diri sendiri tanpa memikirkan perasaan istrinya.

Dari situlah si Jung Chul ini bersikap dingin sama istrinya sendiri. Dia selalu ngerasa kalo istrinya itu cinta sama dia. Dia ngga ngerti masalah cinta, sampe istrinya menggugat cerai dia juga dia tetep nggak ngerti sama yang namanya cinta. Dia takut kehilangan Gyung Hee, dia nggak mau pisah sama Gyung Hee, tapi dia nggak tahu kenapa dia bisa gitu.

Sampe akhirnya, keadaan maksa Jung Chul buat ngakuin semuanya sama istrinya. Bahwa dia mandul. Dia tahu, istrinya pasti bakalan ninggalin dia. Perceraian yang diminta Gyung Hee juga dia nggak mau langsung setuju. Dia masih nyoba buat minta maaf. Cuman semuanya sia-sia. Dia tau kalo dia itu egois. Dia tahu kalo Gyung Hee nggak bakalan mau maafin dia. Masalah mandul yang dia hadepin dari masa dia kuliah itu sampe sekarang masih terus kepikiran sama dia, sampe-sampe dia memperlakukan istrinya dengan dingin.

Kepergian Gyung Hee bener-bener ngebuat dia desperate banget. Dia rindu saat-saat bareng istrinya itu. Tapi, dia nggak bisa lagi ngerubah keputusan istrinya. Akhirnya dia ngalah, dan menyetujui perceraian itu. Sampe mereka cerai pun Jung Chul masih berharap bahwa suatu saat dia bisa mengulang semuanya kembali. Jung Chul bilang ke Gyung Hee kalo dia mau ngejalanin pengobatan sama dokter yang dulu pernah nanganin dia. Dia bilang sama Gyung Hee, kalo misalnya dia udah sembuh, dia bisa kembali dengan Gyung Hee. Tapi Gyung Hee sudah terlanjur benci.

Jung Chul benci dengan dirinya sendiri, dan dia juga benci banget sama sepupunya itu. Sepupunya udah ngasih harapan kosong. Dan ternyata dia dan istrinya jadi kelinci percobaan doang. Untungnya Gyung Hee nuntut sepupunya ini, dan akhirnya kasus sepupunya melakukan praktek ilegal itu selesai di pengadilan. Begitupun dengan perceraian dia dan Gyung Hee. 

Semuanya sudah selesai, atau begitulah yang ada di pikiran Jung Chul. Proses pengobatan dia berjalan dengan baik. Dia menuliskan semua unek-unek dia. Dokternya yang menyuruh dia menuliskan tentang bagaimana perasaan dia tentang pernikahan. Di tulisan-tulisannya Jung Chul di blog pribadi dia, di nulis kalo akhirnya dia sadar kalo dia tuh mencintai Gyung Hee. Dia takut kehilangan Gyung Hee karena dia cinta Gyung Hee, semua yang dilakukan dia itu berdasarkan cinta nya sama Gyung Hee. Sampe dia setuju cerai juga karena dia cinta sama Gyung Hee. Dia nggak ngerti kenapa baru sekarang dia bisa sadar hal kayak gini. Sampe mereka cerai, baru dia sadar kalo Gyung Hee itu cintanya. Dia merindukan Gyung Hee dan dia selalu berharap bahwa dia bisa kembali pada Gyung Hee dan memulai semuanya. 

Both

Gyung Hee ngejalanin hidupnya dengan mandiri. Dia beli apartemen di daerah Bundang. Ngga jauh dari toko yang sekarang akhirnya berkembang dengan pesat. Akhirnya dia mencapai yang dia mau. Tapi, ternyata dia masih aja kepikiran mantan suaminya itu. Dia tidak bisa menampik bahwa dia rindu suaminya.

Gyung Hee tanpa sengaja membaca tulisan-tulisan suaminya di sebuah blog. Membacanya, membuat Gyung Hee meneteskan air mata. Dia pikir kenapa nggak dari dulu aja sih dia sadar, mungkin pernikahan mereka juga masih bisa berjalan dengan bahagia. 

Sampe suatu hari, dia ngeliat bayangan mirip suaminya di kedai kaki lima. Saat itu dia lagi mabuk bareng sahabtnya. Dia pikir itu hanya bayangan, ternyata dia masih rindu sama suaminya. Dia rutin buka blog suaminya, pengen liat apa ada update baru. Ternyata ada, dan disitu disebutin kalo suaminya itu udah pulang ke Seoul. Makin dia pengen banget ketemu suaminya.

Ternyata, bayangan yang dia liat di kedai kaki lima itu emang beneran suaminya. Jung Chul udah selese pengobatannya dan dia udah bisa belajar nerima dirinya yang begitu. Dia ngga tahan pengen ketemu Gyung Hee dan ngeliat kalo dia baik-baik aja.

Sampe suatu hari, ujan lumayan lebat, Gyung Hee lagi diem di tokonya, dia ngeliat keluar ada sosok cowok pake payung bawa-bawa bunga, mukanya mirip banget sama suaminya. Dia nggak percaya, sampe dia nanya ke karyawannya buat mastiin kalo didepan jendela tokonya itu beneran ada cowok lagi berdiri. Gyung Hee keluar dan ternyata emang bener itu suaminya. Jung Chul dateng buat ngasih bunga ke Gyung Hee, dengan alesan kalo dia selama ini belum pernah ngasih bunga ke Gyung Hee dan dia ngajak Gyung Hee buat ngulang semuanya dari awal. Gyung Hee seneng, tapi dia masih belum bisa nerima itu. Dia ninggalin suaminya gitu aja. 

Tapi, nggak tau karena tekad dia, apa keras kepala, si Jung Chul tetep aja diem di depan toko Gyung Hee, sampe dia keujanan. Bungan yang dia pegang juga plastik nya udah ngga jelas, dan nggak tau payung yang dia pegang itu kemana. Gyung Hee yang ngeliat itu, jadi kasian dan terharu. Disuruhlah Jung Chul masuk. Abis itu, Jung Chul tetep ngasiin bunga itu ke Gyung Hee, dia bilang, kalo bunga itu dia beli buat Gyung Hee.  
Dari kejadian ujan-ujanan inilah mereka mulai ngejalanin hubungan lagi. Cuma backstreet, soalnya mereka nggak mau orang tua mereka tahu. Kalo tau bakalan jadi masalah. Akhirnya mereka menikmati masa pacaran mereka. Sampe suatu saat si Jung Chul ngajak lagi Gyung Hee nikah dan soal anak dia bilang kalo mereka berdua bisa ngadopsi. 

Akhirnya, mereka pun nikah dan ngadopsi tiga anak. Mereka tahu resiko ngadopsi anak gimana. Tapi akhirnya mereka berhasil jadi orangtua tiga anak, satu anak perempuan dan anak kembar cowok. Ibunya selalu ngomong kalo mereka semua itu dia yang lahirin. Anak-anak mereka emang anak adopsi, tapi orang selalu bilang kalo anak-anak itu mirip sama Gyung Hee and Jung Chul. Kehidupan mereka juga jadi lebih baik. Mertua Gyung Hee udah ngga galak lagi. Semuanya lebih baik. Mereka bahagia.

-THE END-

Wuuaahh... panjang banget ya gw cuap-cuap nya. Tapi ni buku emang keliatannya ngga terlalu tebel, tapi booo, halamannya tipis-tipis, tulisannya kecil-kecil, jadi berasa panjang banget. Like what I said before, kayak lagi nonton DraKor. Penuh drama and intrik. Tapi, gw suka banget sama novel ini, meskipun sebel sendiri and pegel sendiri. Kalo kalian doyan baca kaya gw, sehari juga selese ko. Hehe

Eh iya, a little heads up. Ada beberapa adegan dewasa yang agak dieksplisitkan sama penulis. Eits, tapi dengan bahasa yang santun kok. Jadi nggak kerasa kesan joroknya. :D (malah bikin gw kangen ama laki gw sendiri) 

Okay, that's all buat review aneh dari gw. 
X.O.X.O Chirpy Girl 
 
 

No comments:

Post a Comment