Tuesday, December 10, 2013

Tips Mencuci Handuk

Sebenernya, posting tentang ini tuh gara-gara hari ini nyuci 3 handuk sekaligus and jadi keingetan pengen berbagi tips gimana nyuci handuk biar bersih dan noda-nya bener-bener ilang. Tips ini didapet dari pengalaman pribadi Mba gw. Suatu hari, doi ngeliat handuk gw yang awalnya warna putih, jadi kecoklatan, yang awalnya pink cerah jadi pink buluk, (maklum, gw termasuk orang yang males nyuci anduk, alesannya males nyikat), intinya anduk gw menurut doi jorok banget. Bukan nggak dicuci kok. Itu anduk semua gw cuci, cuma itu susah banget bersihnya. Digiling di mesin cuci doang nggak cukup, disikat bikin pegel banget. Nah, ngeliat anduk adeknya yang super jorok itu, si Mba ngasih saran gitu deh ke gw. Nah, saran Mba gw ini yang mau gw bagi-bagi.

Handuk bersih emang lebih enak dipandang dan enak dipake :))

Okay, sebelum gw ngelakonin saran kakak tercinta gw ini, gw dulu pernah dibilangin buat ngerendem dulu anduknya di air panas. Bersih kagak, malah pada rontok bulu-bulunya. Pernah juga dicuci di laundry, ajegileee...makin parah. Semrawut dah tu anduk gw, dan tetep nggak bersih. Pernah juga ada yang bilang, pake pemutih. Eh, HELLLOOHH... anduk gw ntar malah jadi aneh warnanya. Mana pemutih kan biasanya baunya agak-agak bikin mual lagi. Terus ada yang bilang direndem cuka. Ew..gw nggak suka baunya. Pokoknya, saran dari sana-sini udah dicoba, nggak ada yang continue dan berhasil. Nah, semenjak dikasih tahu kakak gw ini, anduk gw emang jadi kinclong gitu. Jadi terharu liat anduk sendiri. >_< Bersiihhhh...

Sebenernya, caranya gampang banget. Tapi ini tips khusus mereka yang nyucinya pake mesin cuci ya.

Okay, kita mulai.

  • Pertama, kalian masukin anduk kalian ke mesin cuci yang udah diisi air and detergent (ya iya lah).
  • Abis itu, kalian giling deh di mesin cuci. Pilih waktu yang paling lama, biar lebih cucok hasilnya.
  • Setelah digiling, buang airnya.
  • Selesai airnya kebuang habis, anduknya pasti masih berbusa kan. Nah, masih penuh busa gitu, kalian langsung masukin ke mesin pengering. 
  • Langsung kalian keringin pake timer yang paling lama juga.
  • Sambil ngeringin anduk tadi, kalian isi lagi tempat penggilingan baju itu sama air bersih. Nggak usah dikasih detergent.
  • Nah, kalo mesin pengeringnya udah berhenti, kalian masukin lagi anduknya ke tempat yang tadi udah diisi air bersih itu.
  • Abis itu, klian giling lagi deh, set di waktu yang sedang aja. 
  • Selesai itu, kalian bilas, terus masukin lagi ke mesin pengering deh.
  • Udah selese, tinggal dijemur. Itu dijamin, anduk kalian yang buluk, warnanya udah penuh daki kalian, bakalan berubah ke warna aslinya.

Nah, kalo misalnya anduk kalian udah terlanjur sangat amat coklat syekali. Cara tadi diulang sampe dua kali. Jadi sebelum digiling di air bersih, kalian giling lagi di air sabun, keringin, baru deh digiling di air bersih terus dibilas, lanjut dikeringin lagi. Nah, kalo kalian yang biasa pake softener gitu, pas digiling di air bersih, kalian tambahin softener. Baru deh ikutan langkah yang tadi. Gampang kan?

Simple banget, tapi ini udah keluarga gw lakukan berkali-kali dan berhasil. Tips lain, anduk tuh harus diganti regularly. Secara fungsi doi buat bersihin badan dari segala macam kotoran sehabis mandi, pasti penuh sama bakteri lah ya. Makanya harus punya anduk lebih dari satu. Dan kalo bisa, anduk buat muka, buat badan, buat rambut, sama anduk yang suka dipake buat ngeringin kalo abis pipis, itu semua beda-beda dan cadangannya minimal masing-masing satu. Kadang, suka nggak diperhatiin masalah beginian. Tapi, penting juga loh buat kebersihan. Mau brand mahal apapun, kalo jorok, yang tadinya fluffy, bersih, nyaman diliat, bakalan jadi jelek. Oh iya, jangan lupa selalu jemur anduk kalian dibawah matahari kalo abis dipake. Minimal dijemur ditempat lain selain di kamar mandi. Kalo disimpen di kamar mandi terus, bakalan lembab dan itu bakal ngebikin anduk kalian berbau tidak sedap and bisa numbuhin jamur or bakteri. Buat badan kita loh ini. Aware ya.. :)

Hehe. Sekian tips dari gw. Kalo yang udah tahu, ya syukur Alhamdulillah. Kalo yang belum tahu, silahkan dipraktekan dirumah. Kalo yang nyucinya pembantu, kasi tau pembantu kalian, kalo nyuci anduk tuh begini caranya. Hehehe

Semoga bermanfaat ^^
Toodles...
X.O.X.O Chirpy Girl 

No comments:

Post a Comment