Thursday, December 5, 2013

Review Kitchen Bambina

Entah kenapa, kerjaan gw akhir-akhir ini cuma baca novel mulu. Yea, that's the beauty of having no job and being a housewife. Harusnya sih, ngelayanin suami, berhubung suami sedang berjihad nun jauh di negara sebrang, to cope with my loneliness I read books. Dan ternyata memang, di perpustakaan pribadi gw, novel yang belum gw baca masih banyak. The thing is, gw hobi beli novel tapi kadang ditumpuk dulu baru kalo ada kesempatan gw baca satu-satu :D (alasan sebenernya sih gara-gara hobi gw nonton US series and sitcom lagi menggila, jadi novel terabaikan).

Okay, well, kali ini mau review novel yang judulnya "Kitchen Bambina". Ni novel gw beli online di sebuah situs online bookshop tahun lalu. Baru sempet gw baca sekarang (bahkan temen gw aja udah baca novel gw ini, lebih tepatnya dia udah minjem dan baca novel ini dari gw).

Pertama gw ngeliat buku ini, baca judul dan liat covernya, ini pasti si tokoh utama namanya Bambina dan dia hobi masak (spekulasi yang udah jelas banget ya. Everyone guess that, haha). And well, yes, si tokoh utama emang namanya Bambina dan dia jago masak gitu deh. I don't know what her job is, but I can't tell whether she is actually a chef or just good in cooking. Nggak ngerti dia kerjaan apaan, mau bilang dia chef, tapi di dalem cerita ini nggak pernah diceritain kalo dia kerja di restaurant tertentu but she does really good in cooking specially Italian Food. Soalnya dia sampe mau nerbitin buku resep gitu deh. Well, I'm not sure. I guess I have to ask the writer then.
Penampakan Cover Kitchen Bambina

The writer of this Bambina Kitchen is Angie Wiyaniputri. Baru denger tentang orang ini, apa gw nya aja yang kuper. I don't know but kayaknya gw lumayan suka sama novel ini. Gw agak geli aja dengan pilihan bahasa yang dipake penulis. Agak kaku gitu, jadi rasanya kurang luwes gitu. Emang sih, nggak semua novel harus bertajuk "elo-gue", at least pake bahasa yang nyaman. Gw kasih sedikit contoh kasus,

"Kenapa aku tidur di sebelahmu? Tadi kan aku duduk di lantai. Apa yang kamu lakukan selagi aku tidur, Leo?!" tanyanya panik.
"Saat terbangun karena haus, aku melihatmu tertidur di lantai. Karena tidak tega, aku menggendongmu untuk tidur di ranjang bersamaku. Sekarang aku sudah baikan. Semua berkatmu dirimu yang telah merawatku. Terima kasih, Bambi," ucap Leo lembut.

Do you see how stiff it is? Kaku nggak sih, apa gw doang yang ngerasa gitu. Entahlah. Kenapa nggak pake pilihan kata kayak misalnya,

"Kenapa aku tidur di sebelah kamu? Tadi kan aku duduk di lantai. Apa yang kamu lakuin pas aku tidur, Leo?! Ayo ngaku."
"Pas kebangun gara-gara haus, aku lihat kamu tidur di lantai. Karena nggak tega, aku gendong kamu supaya tidur di ranjang bareng aku. Sekarang aku udah baikan. Semuanya karena kamu yang udah ngerawat aku. Makasih, Bambi,"

Nah, itu sih versi gw ya. Hahaha (ngancurin karya orang aja sih gw. Maaf Angie tak maksud). Cuma ngasih pendapat aja sih. Soalnya, gw orang yang doyan baca novel, jadi kalo bahasanya kurang luwes padahal ini termasuk novel remaja (menurut gw), gw jadi tergelitik buat komentar. :D Oh iya, penerbit novel ini tuh Gramedia Pustaka.

Isi cerita, gw suka. Soalnya banyak nyeritain tentang makanan. Sebagai orang yang doyan makan, novel ini berhasil banget bikin gw hampir batal shaum gara-gara jadi ngebayangin makanan yang di bikin sama si Bambina di novel ini (hahaha). Jadi, ceritanya tuh Bambina, tokoh utama cewek, mau ngebikin resep-resep masakan Italia dia jadi buku resep gitu, lengkap sama pictures makanan and step nya. Nah, makanya Bambina butuh seorang fotografer profesional yang bisa diajak kerjasama. Sahabatnya, Katty, nyaranin Bambina buat sewa jasanya Leo, bule keturunan Perancis-Spanyol yang udah lama tinggal di Indonesia, seorang fotografer yang handal. Bambina juga suka sama portofolio nya si Leo ini, cuma gara-gara janji ketemuan mereka yang pertama, Bambi jadi sebel sama si Leo. Pasalnya, si Leo ini telat dateng ke tempat janjian. Mereka janjian sebuah restoran namanya Pasta dan pemilik restoran ini orang Korea yang jadi inceran Bambi, namanya Kim Ki Seok. Tapi, gara-gara Leo telat, Bambi harus nahan malu soalnya dia tiba-tiba berdiri sambil ngomong "Permisi. Ada yang bernama Leonardo Blanco disini?" (Leonardo Blanco itu nama lengkapnya si Leo), dan nggak ada satu orang pun yang jawab or ngasih respon. Alhasil, Bambi malu terus ngeluyur pergi. Padahal, si Leo sebenernya udah dateng, cuma dia lagi dengerin musik di iPod. Makanya, pas Bambi teriak gitu, si Leo nggak nyahut sama sekali. Gara-gara ini Bambi jadi kesel sama Leo.

Tapi, kerjasama mereka tetep lanjut, soalnya Bambi males kalo harus nyari lagi fotografer yang lain. Nah, dari sini lah, ada chemistry aneh yang mereka rasain. Dua-duanya berasal dari keluarga broken home. Leo bisa cerita masa lalu nya sama Bambi, dan Bambi-lah orang pertama yang udah ngebikin Leo mau cerita. Meskipun Bambi sering sebel sama Leo yang sifatnya bener-bener nyebelin, genit, suka seenaknya, tapi Bambi ngerasa lepas kalo lagi sama Leo.

Beda jauh dengan kisah Bambi and Kim Ki Seok. Mr. Kim (sapaan Bambi sama Kim Ki Seok) itu jauh lebih dewasa, dia itu gentleman banget. Bambi dari awal emang suka banget sama Mr.Kim. Berawal dari pertemuan yang tidak disengaja di sebuah supermarket apartemen Bambi (ceilaaahh), Bambi jadi lebih kenal deket sama Mr.Kim. Akhirnya Bambi juga tahu kalo Mr.Kim tinggal satu apartemen sama dia. Mr.Kim juga sejak ketemuan itu, jadi ramah sama si Bambi. Ya gitulah, ngajak fine dinner, surprise luar biasa yang Mr.Kim kasih pas Bambi ultah. Intinya, Bambi bener-bener diperlakukan sebagai seorang lady, seorang princess. Bambi bisa ngerasain nyaman dan ngerasa dijaga banget sama Ki Seok (panggilan buat Kim Ki Seok setelah Bambi akrab).

Dua cowok ini, udah ngisi hari-hari and pikiran Bambi. Bambi tahu banget, dua-duanya punya karakter yang berbanding terbalik dan Bambi nyaman sama dua orang ini. Tapi, Bambi tetep harus milih salah satu dari mereka. Dia tahu dia nggak bisa serakah. Pilihan ini yang ngebikin Bambi bimbang. Ki Seok, cowok yang pertama kali bikin Bambi jatuh cinta dan sempet bikin Bambi patah hati juga, yang bener-bener memperlakukan Bambi dengan sangat baik; versus; Leo, sang fotografer yang genit and agresif, cowok yang udah jadi first kiss nya Bambi, orang yang udah ngebikin hari-hari Bambi ceria dan kadang kesel tiba-tiba, Leo si cowok penuh kejutan.

However, Bambi pilih si Leo yang ternyata umurnya lebih muda dari Bambi (muka bule emang suka nampak lebih tua, iya nggak sih?). Bambi nolak Kim Ki Seok yang udah nyatain cinta ke Bambi and ngajak Bambi ke Korea (kalo gw pasti milih si Ki Seok. Secara diajak ke Korea Selatan). Bambi jatuh cinta sama si Leo pas mereka main bianglala di Dufan. Leo ngajak Bambi ke Dufan, soalnya waktu itu Bambi lagi patah hati gara-gara kemunculan Lee Hye Na, mantannya Ki Seok, and Bambi nyangkanya si cewek itu pacar Ki Seok. Bambi patah hati, keliatan murung, masakan dia jadi ngga enak, makanya Leo ngajak Bambi main biar si Bambi bisa ceria lagi. Nah, di bianglala mereka share cerita-cerita keluarga broken home mereka. Dari situ, mereka langsung ngerasa klik. Bedanya, si Bambi nggak mau ngakuin kalo dia jadi sering mikirin Leo abis kejadian di bianglala itu.

Begitulah, mereka jadi deket, pacaran gitu deh. Sampe akhirnya, pas lagi asik-asiknya pacaran, Leo tiba-tiba ninggalin Bambi. Dia nulis surat gitu. Isinya, dia ngasih tahu kalo Leo pengen nyari Ibunya yang udah ninggalin dia sama Ayahnya dulu. Dia nggak bisa ngelanjutin hubungan dia sama Bambi kalo dia masih belum tahu alesan Ibunya ninggalin dia, dia masih ngerasa takut kalo dia nantinya ditinggalin sama Bambi sama kayak Ibunya ninggalin dia. Bambi ngerasa desperate banget gara-gara ditinggalin Leo tiba-tiba.

Tapi akhirnya Bambi ngerti kenapa Leo pergi buat nyari Ibunya. Bambi usaha buat ngelupain kesedihan dia, dia tahu kalo Leo masih cinta sama dia, and dia yakin banget kalo Leo bakal balik lagi ke dia.

Bambi akhirnya sukses, dia berhasil publish buku-buku resep dia, termasuk buku yang kemarin dia garap bareng sama Leo. Untuk bisa move on, Bambi pulang ke Bali, ke rumah Ibunya. Sesuai impiannya, dia pengen banget kuliah S2 di Perancis. Makanya, dia sibuk kerja di sebuah hotel terkenal di Bali, buat ngumpulin biaya kuliah S2 dia. Sampe akhirnya, Bambi berhasil ngumpulin uang itu, terus dia cabut ke Perancis buat kuliah.

Beberapa tahun kemudian, Bambi lulus S2 terus kerja di hotel berbintang lima di Paris. Kerjaan dia jadi Food and Beverage manager. Sampe suatu hari, Bambi dipanggil sama waiter buat nemuin customer yang katanya complain masalah masakan di hotel tempat dia kerja itu. Bambi sebagai manager harus bertanggung jawab masalah complain pelanggan tentang food di restaurant mereka. Makanya, dia yang keluar. Pas keluar, Bambi kayak mimpi. Dia ngeliat muka yang udah nggak asing lagi buat dia. Dia ngeliat Leo, dan ternyata yang complain itu ya si Leo ini. Dia lagi menyantap dessert yang namanya egg ball. Dengan alasan kalo Leo agak bingung gimana caranya makan dessert yang disebut egg ball itu, dia minta Bambi buat nunjukin caranya. Dengan senang hati Bambi bantu, dan ternyata, di dalem egg bal itu, ada cincin berlian yang nongol. Leo ngambil cincin berlian itu sambil ngomong ke Bambi, "Bambina Utama, will you marry me?" and off course Bambi said, "Yes, I will."

Yay, happy ending deh. :D Sebenernya, kalo baca novel ini, masih kayak baca cerpen gitu. Soalnya ringan banget. Novel ini jumlah halamannya 202, tapi isi ceritanya memang ringan sih. Jadi sejam juga pasti beres. :)) Oh iya, my favorite part, penulis ngasih bonus resep gitu di belakang. Resep Italian food gitu deh (nggak pernah dipraktekin, soalnya ribet, apalagi bikin dough buat pizza gitu). Unik sih, penulis jadi ngasih resep di belakang gitu. :D

Ini nih penampakan bonus Resep Bambina Kitchen ;)


Over all, dari segi cerita bagus, tapi KURANG GREGET aja. Itu doang sih. Lumayan lah buat ngisi waktu luang. Hehehe.

That's all from me today. See you on my next review.
X.O.X.O Chirpy Girl

No comments:

Post a Comment