Tuesday, December 3, 2013

Jodoh Itu Kadang Datang Tiba-tiba

Kali ini, lagi pengen nostalgia. Pengen bagi-bagi cerita tentang orangtua tercinta. Ibu sama Babeh itu orang yang unik. Mereka sedikit banget kesamaannya. Bisa dibilang beda banget malah, tapi Allah menakdirkan mereka untuk hidup berdua melalui kejadian yang bisa dibilang agak aneh.

"Bu, dulu gimana sih bisa nikah sama Babeh?"
"Ya, gimana ya. Begitulah. Ibu juga agak bingung sama Bapak kamu."
"Kok bingung? Emang kenapa bu?"
"Iya, jadi gini ceritanya."

Dari perbincangan suatu sore gw ama Ibu, beliau akhirnya cerita panjang lebar mengenai mereka berdua.

"Dulu, Ibu itu termasuk perempuan yang populer di kalangan laki-laki. Dulu kan Ibu tinggal masih di lingkungan keraton Jogja, jadi Ibu termasuk perempuan anggun, tahu tata krama, dan tahu gimana ngerawat muka sampe semua badan."

Harus gw akuin omongan Ibu yang satu ini. Ibu gw jaman mudanya cantik banget. Dengan poni jadulnya, terus sanggulan beliau yang rapi banget, gw akuin kalo Ibu itu cantik dan anggun. Udah gitu Ibu tuh jago ngejait, ngerenda, nyulam, pokoknya segala macem kegiatan yang cewek bangetlah. Sayang, kemampuan Ibu yang satu ini ngga nurun ama gw, gw lebih mirip Babeh. Tomboy.

"Pas Ibu lulus kuliah di Jogja, Ibu merantau ke sumedang buat jadi Butsi (kalo nggak salah ini tuh semacam tenaga kerja jaman dulu yang upahnya minimal banget). Dulu, nggak langsung jadi PNS, Ibu dapet tawaran kerja jadi butsi dulu. Nah, di butsi ini, perempuan jarang banget. Makanya, Ibu jadi idola laki-laki yang ikut jadi butsi juga. Hehehe. Kalau lagi kegiatan nanem-nanem bibi gitu, tugas Ibu selalu diambil alih sama laki-laki lain. Semua laki-laki disitu suka sama Ibu, kecuali Bapak yang cuek dan judes banget sama Ibu. Bapak nggak pernah ngajak Ibu ngobrol, nggak pernah mau bantuin Ibu, beda jauh sama laki-laki temen Ibu lainnya. Ibu selalu mikir, jangan-jangan Bapak mu itu dulu benci sama Ibu. Tapi, Ibu juga nggak peduli sama Bapakmu itu. Biarin lah, kalau dia ndak suka sama Ibu."

Gw yang denger dengan serius sempet ngakak juga dengerin cerita kalo si Babeh dulu akting cuek gitu sama si Ibu. Konyol banget kan si Babeh.

"Sampe akhirnya, pas ada jadwal buat dibolehin pulang kampung, Ibu kaget ngeliat Bapak ngikutin Ibu terus. Dari berangkat mau ke terminal sampe di terminal. Awalnya Ibu pikir Bapak emang sejalan pulangnya, jadi wajar kalau ikut sampai terminal. Setau Ibu, Bapakmu itu pulangnya ke Magelang. Tapi, pas Ibu naik bis Purwokerto, Ibu bingung, kenapa Bapakmu ikutan naik juga. Ibu jadi agak takut, soalnya kan Bapakmu itu keliatan ndak suka sama Ibu. Jangan-jangan dia niat jahat lagi sama Ibu. Ibu sama Bapakmu duduk jauh-jauhan, nggak ngobrol, nggak nyapa, saling diem aja."

Okay, pause. Babeh gw konyol banget, hahahah.

"Pas Ibu sampe di terminal, Ibu turun mau naik becak. Nah, Bapakmu ikut turun juga, tambah bingung aja. Ibu mikir gini, 'Ni laki-laki ngikutin saya apa memang punya sodara di Purwokerto juga', Ibu bener-bener bingung sama sikap Bapakmu itu. Tapi, Ibu nggak mau mikirin lagi. Ibu tenang-tenang aja naik becak. Pas Ibu naik becak, ternyata Bapakmu itu ikut naik becak juga ngikutin jalur yang ibu ambil. Ibu pusing sendiri jadinya. Bingung, panik, takut. Pokoknya, Bapakmu itu aneh banget"

Pas Ibu cerita, gw ngakak sendiri. Ibu juga ketawa, dan beliau masih semangat cerita masalah ini.

"Sampe dirumah, Ibu langsung masuk kerumah, salam ke mbah kamu, terus ke kamar mau ganti baju. Lagi di kamar, Mbah Kakung (Bapaknya Ibu) masuk terus ngomong gini, 
'Har, iku lho ono kancamu cah lanang.' (red: Har, itu ada temen kamu anak laki-laki). 
Ibu kaget setengah mati, jangan-jangan Bapakmu lagi. Ibu bingung setengah mati, takut Mbah kamu marah, terus mikir macem-macem. Mbah kamu ngomong lagi, 'Katanya, dia mau ngelamar kamu. Pacarmu tho?'
Masya Allah....Mbah kamu bilang gitu, Ibu langsung bingung bukan main. Bapak kamu itu dateng ngikutin Ibu, ternyata bilang mau ngelamar Ibu. Ibu jadi bingung, pusing nggak karuan. Setau Ibu kan Bapakmu itu paling judes sama Ibu, nggak pernah mau bantuin Ibu, jarang banget ngomong sama Ibu. Misterius. Tapi tiba-tiba aja dateng jauh-jauh ke Purwokerto terus ngajak Ibu nikah."

Nah, disini gw ngakak abis-abisan. Jalan pikiran Babeh gw ko aneh amat yak. Penuh surprise. Surprise banget malah. Gw penasaran gimana akhirnya Ibu nerima lamaran Babeh apa nggak. Ibu gw lanjut lagi cerita.

"Habis ngomong-ngomong sama Mbah kamu, Bapakmu juga sudah ngomong sama Mbah kamu. Tinggal Ibu yang bingung mau jawab apa. Bener-bener bikin kaget Bapak kamu itu. Mbah kamu cuma bilang, semuanya terserah Ibu, yang menjalani kan Ibu. Ibu agak bingung sebenernya, tapi akhirnya Ibu bilang 'IYA'. Abis ngomong ngelamar kayak gitu, baru Bapak kamu pulang. Terus beberapa hari kemudian Bapak kamu bawa keluarganya dari Magelang sama Ambarawa kerumah, buat lamaran resmi."

Whoooaaahhh.... abis dengerin cerita Ibu, gw langsung mikir. Dibalik juteknya bokap gw, dibalik muka garang penuh kumis and jenggotnya Babeh gw, ternyata dia punya sisi romantis yang penuh kejutan. Dari sini, gw belajar, kalo JODOH itu dateng in a mysterious way. Cara datengnya jodoh itu bisa dengan cara biasa-biasa aja, tapi bisa juga dengan cara-cara luar biasa yang kita juga nggak pernah kebayang bakal kejadian kayak gitu. 

Babeh sama Ibu sekarang masih hidup bareng sampe usia mereka menginjak 60 lebih. Mungkin itulah jalan jodoh mereka. Ibu yang penuh kelembutan, Superwoman, nggak pernah nuntut macem-macem, hardworker banget bisa hidup bahagia bertahan lama sama Babeh yang galak, sering jutek, cuek banget, nggak pernah ngelakuin hal-hal yang berbau roman picisan gitu, hardworker, dan keras.

I guess that's what 'the one' is. Kita nggak akan pernah bisa jelasin kenapa si ini bisa nikah sama itu dan bertahan lama. Itulah yang namanya Jodoh dan Allah lah yang ngebukain jalan Jodoh itu. You can always meet your soul mate in any ways you can never imagine. Siapa tahu, besok ada cowok yang ngikutin dari belakang, sampe kerumah, ganteng, mapan, sayang sama kita, dan tiba-tiba ngelamar kalian. Who knows, yes?

Jodoh itu ada buat semua orang dan akan datang ketika kita sudah siap menyambut sang jodoh. :)

Well, itu sedikit share tentang jodoh. Ini kisah nyata loh, langsung dapet dari narasumber tercinta, My Mom. ;). Semoga tidak membosankan dan bisa jadi inspirasi buat kalian yang belum dapet jodoh, supaya tetep yakin kalo Jodoh kalian itu lagi jalan dan akan segera sampai di pelukan kalian kalo kalian udah siap nyambut jodoh kalian. HAVE FATH cause EVERYTHING IS POSSIBLE FOR GOD. 

Have a fatih :)

Yes, it is true.

Stay tuned,
X.O.X.O Chirpy Girl

No comments:

Post a Comment