Thursday, November 28, 2013

Buruh Kembali Beraksi

Tahu nggak sih kalo akhir-akhir ini buruh masih aja jadi bahan pemberitaan media. Perasaan belum lama ini mereka juga demo dengan tuntutan yang sama, naikin upah mereka, dan tuntutan mereka udah dikabulin sama pemerintah Jakarta. Upah buruh pun naik.

Well, namanya juga manusia. Hakikatnya, manusia itu tidak akan pernah merasa puas. Hari ini dengan gaji segini, keadaan begini, rasanya masih cukup. Hari lain udah beda lagi. Manusia itu memang jarang yang bakal merasa puas dengan apa yang ada dan sudah diberikan, katanya bukan maksudnya nggak mau bersyukur, ini ngeliat keadaannya yang ngeharusin mereka menuntut lebih.

Tuntutan gaji yang sebelumnya pernah mereka lontarkan, masih bisa ditolelir dan masih bisa dipahami, makanya pemerintah juga mau ngabulin. Nah, kalo yang sekarang, dengan tuntutan mereka untuk mendapatkan gaji sekitaran 3 juta per bulan nya, itu udah nggak masuk di akal. Jika menginginkan hidup yang layak, jangan jadi buruh. Menurut gw upah sebelumnya yang diatas 2 juta itu (kalo nggak salah 2,4 juta) udah cukup untuk hidup layak.

Hidup layak seperti apa yang mereka pengen. Kalo pengennya hidup kayak orang-orang kaya di Jakarta, main ke mall, hp canggih, makan enak gitu, ya gantilah profesi, jangan jadi buruh pabrik. Tuntutan upah jadi 3 juta itu bisa nyebabin inflasi buat pabrik-pabrik besar di Jakarta. Nggak heran, sekarang banyak yang lari ke daerah yang upah minimal nya nggak terlalu besar.

Nggak heran, di daerah gw aja nih, di Subang, perusahaan udah pada rame bikin pabrik-pabrik baru, manfaatin lahan-lahan pertanian which is nyebelin buat gw, soalnya jadi bikin saluran air keganggu. Plus, jalan jadi rusak akibat truk-truk yang masuk pabrik. Belum lagi polusi macem-macem yang disebabin sama parbik-pabrik baru ini. Menyebalkan!! Daerah gw tuh udah panas, kehadiran pabrik-pabrik ini malah ngebikin kota kelahiran gw jadi tambah panas. Soalnya daerah hijau nya jadi pada menghilang semua. Fiuuhh...*lap keringet*

Tapi, gw juga paham sih, kenapa perusahaan gede pada buka pabrik di daerah-daerah gitu. Pertama, lahan di daerah itu masih banyak. Tenaga kerja juga banyak. Plus, sekarang karena tuntutan upah para buruh di Jakarta yang makin menggila, ngebuat mereka juga muter akal gimana caranya produksi tetep jalan, tapi mereka nggak bangkrut. Perusahaan juga nggak mau rugi kali, ngapain ngikutin aturan upah Jakarta, kalo dia bisa bikin pabrik baru lagi di daerah yang upah minimalnya itu jauh lebih kecil. Reasonable sekali.

Nah, kalo udah kayak gitu, gimana coba nasib buruh yang sekarang lagi koar-koar itu? Emang mereka yang pada demo itu nggak mikir sampe ke titik itu ya? Kalo Perusahaan nggak sanggup bayar, mereka inflasi ato pindah pabrik, nasib kerjaan mereka gimana? Kan, mereka juga yang jadi jobless. Iya nggak sih?

Intinya sih, syukuri apa yang ada, mencari lebih memang bagus, tapi harus yang reasonable. Ubahlah pola hidup, jangan menuntut terus-terusan tapi pola hidupnya tidak dirubah menjadi lebih sederhana. Upah honorer yang berpredikat S1 aja nggak segede itu. Harusnya buruh-buruh itu tuh bersyukur dengan apa yang udah mereka dapatkan. Kuncinya emang, syukur ni'mat, jangan kufur ni'mat. Kalo kita bersyukur, hidup juga jadi tenang, semua rasanya tercukupi aja. Belajarlah bersyukur supaya kita hidup damai, tentram, dan aman.

Tapi, who am I to judge them? Mungkin gw nggak ada di posisi mereka, makanya gw bisa komentar gini. Cuma, gw sebagai penonton dan pembaca berita yang berseliweran di Timeline twitter gw, jadi tergelitik buat komentar masalah ini. Semua kembali sama pribadi masing-masing kok. Apakah kita sebagai manusia yang berakal dan dimuliakan oleh Tuhan masih bisa berpikir sehat dan berpikir jernih apa tidak? Apakah kita mau terus meng-kufurin nikmat yang Tuhan kasih atau justru mau mensyukuri? Instrospeksi diri aja... :)

Wallahu'alam...

X.O.X.O Chirpy Girl

No comments:

Post a Comment