Thursday, November 28, 2013

Jangan Suka KEPO


Sebelumnya, sempet posting  tentang tips menjaga hubungan jarak jauh tetap harmonis. Nah, sekarang mau nambahin nih tips lainnya. Gw tambahin KEPO to the list. Do you know what KEPO is?

Well, KEPO itu udah jadi common term di kalangan ABG and orang dewasa. Sebenernya, apa sih arti sebenernya dari KEPO itu? Well, menurut artikel yang gw baca, KEPO itu sebuah singakatan dari Knowing Every Particular Object. It means rasa ke-ingin-tahu-an kalian sangat tinggi. Kalian selalu pengen tahu particular things, yang detail-detail juga kalian pengen tahu banget. 

"Lho? Bukannya kalo rasa ingin tahu tinggi itu bagus ya?"

Yes, kalo rasa ingin tahu kalian tinggi itu bagus but on what matters? Permasalahannya adalah kalian suka pengen tahu itu dalam hal apa aja? Kalo misalnya aja dalam hal soal yang susah dimengerti, nah, otomatis kan kalian harus punya rasa ingin tahu yang tinggi supaya permasalahan yang ada di soal itu bisa dikerjain dengan baik. Contoh lain, misalnya kalian dikasi ilmu sama guru kalian, tapi kalian tidak merasa puas dengan apa yang dilontarkan oleh guru kalian doang. Kalian masih ngerasa penasaran and pengen tahu lebih tentang materi or ilmu yang guru kalian bahas. Nah, kalo dua contoh itu, bagus lah kalo kalian pengen tahu. Rasa ke-KEPO-an kalian jadi tinggi.

Kalian bisa cek di sini . Di link itu bisa kalian buka berbagai arti KEPO yang kebanyakan lebih ngarah ke unsur negatif dibanding positifnya. Makanya KEPO emang lebih sering dipake buat ngomong ke orang yang mau tauuu aja urusan orang lain.

Mau tau urusan orang lain kadang ada boundaries ya guys. Ada batasan-batasan tertentu gitu. Sama kayak kalian dengan pasangan kalian. Apalagi yang katanya pacaran, kalian jangan lah terlalu KEPO sama pasangan kalian, sampe stalking twitter pacar kalian, buka-buka fb pacar kalian. Trust me, itu nyiksa banget.

Kenapa nyiksa? Based on my own experience, kadang kita tuh malah jadi sakit hati gara-gara kita ngorek-ngorek masa lalu pasangan kita. KEPO sama masa lalu dia. Awalnya cuma iseng pengen tahu, askhirnya obsessed, pas tau kenyataan malah jadi sakit hati sendiri, ujungnya malah berantem over masalah yang udah lalu. Silly, right? Makanya, kalo sama pasangan janganlah KEPO berlebihan. Cari tahu lah yang memang diketahui sama kalian but, jangan jadi lewat stalking-stalking. Kalo kalian pasangan suami istri or lg pacaran, you can ask your lover yourself. You don't have to sneak around behind your lover. Tanyain langsung ke pasangan kalian, jangan jadi selidik sana, selidik sini, macem polisi detektif lagi cari pembunuh. Polisi dektektif kan emang tugasnya buat penasaran dan mencari jawaban untuk menjawab rasa penasarannya itu.

Nah, kalo di kasus pacaran, penasaran berlebihan kayak si detektif ntu jangan sampe kalian lakuin. Percaya deh, itu cuma bakal ngebikin kalian sakit hati dan capek ati. Alih-alih ngejawab rasa penasaran kalian, kalian malah bisa jadi nangis, or kalo parah berantem sama pasangan kalian. 

Ini juga sangat berlaku buat kalian yang LDR. Kalo LDR, rasa penasaran kalian akan benar-benar sangat tinggi. Kalian pengen tau banget apa yang terjadi di kehidupan pasangan kalian di belahan dunia sana. Apa semua udah diceritain sma pasangan kalian apa belum? Doi udah jujur apa belum ya..? Nah, your curiosity is eating you alive. Your mind will go wild. Penasaran kayak gitu tuh yang bakal bikin kamu jadi menggila sendiri, Ujungnya hubungan kalian jadi nambah ngga tenang kan. Udah hubungan jarak jauh, ditambah-tambah ke-KEPO-an kalian cuma ngejadiin kalian stalker jadi-jadian yang ujungnya malah memperkeruh keadaan, soalnya kalian tiba-tiba menemukan hal-hal di masa lalu, or hal-hal yang memang kalian tidak seharusnya ketahui. Awalnya adem ayem, jadi chaos. Nggak mau kan hal ini terjadi sama kalian. So, don't overblown your curiosity. Jangan melebih-lebihkan rasa penasaran kalian.

Curiosity is good when you put it in the right way. Gunakan ke-KEPO-an kalian untuk hal-hal positif aja. :D Eh, tapi KEPO emang lebih sering jadi negatif sih... hehehe...

In addition, apa yang gw bilang dan kemukakan disini based on what happens to me. I did one mistake being KEPO and it hurt me a lot. So, you better be careful with your curiosity because what you don't have to know is being covered by a very good reason. Apa yang tidak seharusnya kita ketahui itu ditutupin karena ada alasan tersendiri and it's for your own good. Tempatkan KEPO kalian di tempat yang tepat ya... :)) Kalo ke KEPO an kalian bisa membuahkan hasil yang baik, dan kalian menganggap kalo kalian KEPO itu sebuah tanda cinta. Well, who am I to forbid you. 

Believe it or not, I just share what I know and I share facts based on my own experience. ^^

See you soon
X.O.X.O Chirpy Girl 


No comments:

Post a Comment