Saturday, November 23, 2013

My Review: Habibie & Ainun the Movie

Habibie & Ainun the Movie

Directed by Faozan Rizal
Based on Habibie & Ainun book written by B.J. Habibie


Okay, sebenernya ni film udah lumayan lama ya beredar di bioskop-bioskop di Indonesia, bahkan udah ada tuh kepingan CD and DVD nya. Cuma, ya itu baru inget kalo gw pengen banget nge-review ni film. Pertama kali keluar, Habibie & Ainun ini beredar dalam bentuk novel yang ditulis oleh Bapak B.J. Habibie, mantan Presiden Indonesia. Novel ini merupakan sebuah kisah nyata dari kehidupan Pak Habibie dan Ibu Ainun almarhum. Beliau menulis ini sebagai sebuah memorial yang ingin beliau bagi dengan orang-orang dan menunjukkan betapa beliau sangat mencintai almarhumah istrinya, Ibu Ainun. Sebegitu besarnya cinta Pak Habibie, sampe beliau menulis buku ini dan luar biasanya, buku ini mendapatkan sambutan yang sangat hangat dan meriah dari masyarakat Indonesia. Buku ini dalam hitungan hari sudah menjadi buku best-seller sehingga dicanangkan akan dibuat versi movie-nya.

Nah, gw termasuk yang nonton filmnya dulu sebelum baca novelnya (maklum telat beli novelnya, low budget, maklum mahasiswa). Temen gw bilang, novelnya bagus banget, bikin termehek-mehek to the max. Dan subhanallahnya sekali, mantan pacar gw (gw bilang mantan, soalnya sekarang doi udah jadi suami gw) bilang kalo dia pengen banget nonton ni film. Wuiidihh...jarang-jarang kan, cowo mau nonton yang mellow-mellow gini (eh, tapi doi doyan juga sih sama film Perahu Kertas). Alhasil, nonton lah kita berdua. Waktu itu, tanggal 3 Januari 2013 kalo ngga salah sih. Gw nonton di XXI Ciwalk Bandung. (Ciee...masi apal bgt. Iya lah apal, gw simpen tiket nontonnya di dompet). Abis nonton, mata gw sembab, mewek sejadi-jadinya di dalem. Asliiii,,,bikin melting ga keruan. Okay, itu cerita basa-basinya, yuk lanjut ke reviewnya.

Judul Film : Habibie & Ainun
Director : Faozan Rizal
Casts:
Reza Rahadian sebagai Habibie
Bunga Citra Lestari sebagai Ainun Habibie
Tio Pakusadewo sebagai Soeharto
Ratna Rianto sebagai Tuti Marini
Mike Lucock sebagai Ilham Akbar Habibie
Christoffer Nelwan sebagai Thare Akmal Habibie

Okay, dari segi casts, gw ga keberatan dengan pilihan castsnya, hampir semua memuaskan actingnya, kecuali yang berperan sebagai Soeharto, gw agak-agak ngga sreg (lagian emang cuma cameo sih). Standing Applause gw kasih buat Reza Rahadian. Ni orang bener-bener berhasil banget jadi seorang Habibie. Secara doi emang dilatih langsung sama Pak Habibie-nya. Untuk bisa menghidupkan karakter yang memang benar-benar ada, kemunculan dan keikutsertaan Pak Habibie dalam pembuatan film ini memang sangat membantu. Alhasil, Reza jadi bisa mendalami karakternya dengan belajar langsung dari orangnya. Standing Applause banget lah buat Reza.

Nah, Bunga Citra Lestari atau yang lebih dikenal dengan sebutan BCL, memang agak kurang bisa menghidupkan sosok Bu Ainun yang sebenarnya. Mau gimana lagi, doi kan ngga mungkin bangunin almarhumah supaya bisa belajar langsung dari beliau. Dia cuma tau dari cerita dan video-video jaman dulu beliau eksis bareng Pak Habibie di TV (spekulasi gw doang sih ini). Alhasil, doi meraninnya berdasarkan cerita dan arahan Pak Habibie aja. Kurang mirip sih, tapi gw tetep kasih applause kok. Chemistry nya dapet.
Yang meranin sahabat dekat Ainun itu juga menurut gw bagus. Pas lah ya...(bingung mau komentar apa tentang pemeran Tuti Marini). Ya intinya, dia bisa dibilang berhasil jadi tokoh Tuti. Bukan fokus dari film ini juga sih.

Yeah...karena fokus film ini ke cerita tentang dua sejoli ini, jadi casts lain tuh kaya bumbu pelengkap aja (kalo ga ada mereka tetep aja ada yang kurang meskipun enak. Apa sih?). 

Kata temen gw yang udah baca novelnya, katanya ngga semua muncul di scene which is menurut dia masih ada yang kurang yang ngebikin sedihnya (meskipun dia cerita juga kalo dia tetep mewek). Tapi, menurut gw sebagai orang yang nonton filmnya dulu, ni film kayaknya emang udah nge-cover abis semua kesedihan dan keromantisan yang muncul di novel.

Gimana seorang Habibie yang begitu ambisius pengen banget bikin pesawat buat Indonesia, supaya Indonesia bisa produksi pesawat sendiri, which is bakal ngebantu ekonomi negara. Dia belajar ilmunya di Jerman khusus buat Indonesia. Dia ngarep banget kalo dia dipanggil ke Indonesia buat ngewujudin cita-citanya itu (bikin pesawat, namanya Gatot Kaca). Tapi, namanya Indonesia, ternyata emang belum bisa ngehargain orang jenius macem beliau ini (dari dulu dan bahkan sampe sekarang lho). Beliau di Jerman dihormati sebagai ilmuwan besar. Di Indonesia, sekalinya beliau jadi presiden ngegantiin Pak Soeharto, malah di demo sana-sini. Mahasiswa demo ini, demo itu, semrawut lah pokoknya. Dari situlah akhirnya, Pak Habibie memutuskan turun.

Sebelum menjabat jadi wakil presiden, terus jadi presiden, beliau berhasil mewujudkan cita-citanya membuat pesawat yang dia hadiahkan pada istrinya, Ibu Ainun. Karena dia telah berjanji bahwa dia akan membuat pesawat untuk Ainun dan negaranya (so sweeettt). Tapi, pesawat satu-satunya buatan Indonesia itu cuma buat diterbangin sekali, terus masuk musium, berdebu, dan jelas tidak diproduksi lagi (setau gw perusahaan nya tuh inflasi deh).

Puncak-puncaknya sih, pas Pak Soeharto dipaksa turun, terus Pak Habibie naik jadi presiden. Disinilah masalah makin menjadi-jadi. Amukan massa dimana-mana. Yah...kekejaman politik lah istilahnya sih. Pak Habibie juga kena imbasnya, beliau sakit-sakitan. Begitu juga dengan Ibu Ainun. Tapi, emang dasarnya istri yang sayang banget suami, penyakit sendiri ngga pernah beliau perhatiin. Beliau lebih concern sama kesehatan Pak Habibie karena dia tahu, Indonesia membutuhkan suami dia lahir dan batin.

Sakit beliau ini awalnya ngga jelas. Pak Habibie ditengah-tengah kemelut politik, dia juga harus tetep merhatiin kesehatan istri tercintanya. Begitu juga Bu Ainun, beliau tidak pernah mau memperlihatkan kelemahannya. Sampe akhirnya, puncak dari penyakit Bu Ainun itu, pas ketauan bahwa ternyata Bu Ainun kena kanker ovarium stadium akhir. Artinya udah sangat parah. Saking sayangnya Pak Habibie sama Bu Ainun, beliau mencoba pengobatan yang terbaik buat Bu Ainun. Ke Jerman, ke Indonesia, segala cara dicoba. 10 tahun Bu Ainun berada dalam proses penyembuhan. Sampe puncaknya, Bu Ainun dioperasi berpuluh-puluh kali supaya bersih dari kanker. Pak Habibie ngga pernah mau nyerah. Beliau akan lakukan apapun untuk Bu Ainun. Beliau pengen banget Bu Aiun sembuh.

Tapi, emang takdirnya mereka ini sebagai pasangan yang bener-bener punya cinta sejati yang bener-bener murni. Dalam keadaan sakit gitu juga Bu Ainun masih tetep mikirin kesehatan Pak Habibie. Beliau sampe nulisin obat apa aja yang harus Pak Habibie minum, berapa kali sehari, berapa butir. Beliau bikin catetan kecil dengan tulisan "Obat Untuk Bapak", saking sayang dan cintanya beliau sama Pak Habibie. Mereka berdua saling khawatir satu sama lain. Asli, ini melting banget kalo kalian nonton scene-nya. 

Sampe akhirnya, takdir emang udah harus memisahkan mereka berdua. Sebelum meninggal Bu Ainun dan Pak Habibie plus anak-anaknya sempet shalat berjamaah dulu. Hembusan nafas terakhir Bu Ainun, Bu Ainun berada di pelukan Pak Habibie. Damai dan tenteram. (Banjir air mata gw pas scene Bu Ainun meninggal).

Dari segi cerita, ini film bener-bener ngasih warna baru sama dunia romantisme film. Romantis itu bisa dalam berbagai hal. Romantisme itu bisa dipertahankan sampe tua. Romantisme itu ngga selalu tentang pacaran, seks bebas, dan segala kehororan film romantis remaja-remaja gitu.

Masalah nilai yang bisa diambil, wuaahhh...ni film sarat dengan nilai-nilai yang harus kita ambil. Buanyak bgt lah pokonya. Ga mungkin gw sebutin semua. Tonton aja deh filmnya. Breath-taking, heart-breaking, bikin kalian melting-melting, lebih bisa ngebikin kalian termehek-mehek dibanding reality show-nya itu tuh yang ada di tipi. 

Last but not least, ni film TOP BGT. Khususnya buat kalian yang mau mengarungi rumah tangga, atau yang sedang mengarungi bahtera rumah tangga, film ini bisa dijadika sebuah contoh. Ngga harus persis, namanya juga orang, hidupnya pasti beda-beda, takdirnya juga pastinya beda-beda. Setidaknya, ada nilai-nilai yang bisa kita terapin di kehidupan kita. Bahwa romansa itu jangan sampe cuma di awal pernikahan, begitu tua jadi mendingin. Pertahankan romansa itu sampe maut yang memisahkan.


Next post, gw bakal share quote-quote yang inspiratif dari novelnya. 100% asli dari Pak Habibie dan Bu Ainun (halah...)

See you soon.
X.O.X.O. Chirpy Girl.

No comments:

Post a Comment